PAD Lelang Transparan Tembus Target

BENGKULU UTARA – Pelaksanaan lelang Kendaraan Dinas (Kendis) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) akhirnya digelar juga. Senin (5/3), pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu akhirnya telah selesai membuka lelang 46 kendis tersebut secara online atau e-Auction, yang berlangsung secara kondusif dengan dipimpin pejabat KPKNL Propinsi Bengkulu Devi Afriyanti. Menariknya, pemantauan lelang langsung dilakukan pihak KPKNL bekerjasama dengan pihak BPKAD BU, yang digelar menggunakan garasi mobil pejabat di kantor Pemkab BU, dengan disaksikan juga oleh aparat Kepolisian Resort (Polres) BU.

Drs. H. Kisro Zanito, MM
Kepala BPKAD BU

Alhasil, dalam kegiatan ini sebanyak 24 unit kendis roda empat dari 31 unit berhasil terlelang, dan sebanyak 15 unit kendis roda dua yang dilelang juga habis terlelang. Namun demikian, sebanyak 7 unit kendis yang belum terlelang akan kembali di lelang ditahab selanjutnya, dimana ketujuhnya diantaranya, Mitsubishi L300 tahun 2007, Toyota Kijang SX 1998, Mitsubishi T120 SS 2002, dua Mitsubishi L300 tahun 1998 dan dua Ford Escape XLT 2005. Batas waktu pelunasan lelang, akan ditunggu selama lima hari jam kerja sejak dilakukannya lelang ini. Hal ini ditegaskan oleh Kepala BPKAD BU Drs. H. Kisro Zanito, MM, M.Si

” Lelang menggunakan Internet melalui aplikasi E-Action ternyata pesertanya melebihi target dari jumlah kendaraan yang di lelangkan. Selanjutnya, bagi peserta lelang yang sudah menyetorkan uang jaminan kemudian melakukan penawaran lelang, di tunggu selama 5 (lima) hari kerja kedepan untuk menyelesaikan administrasinya, namun apabila lima hari kerja bagi pemenang lelang tidak menyelesaikan administrasi di anggap batal,” ujarnya.

Sambung Kisro, terjualnya kendis ini sangat membantu Pemkab BU mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dimana dari kegiatan tersebut PAD melebihi target Rp 800 juta, yaitu berada di posisi angka Rp 824 juta.

” Jika kendaraan yang di lelang dapat terjual semua, setidaknya PAD yang bisa di dapatkan dapat dipastikan melebihi target yang dicanangkan. Namun demikian, meskipun sebanyak 7 kendis yang belum terlelang, nilai nominal lelang sendiri tetap melebihi target,” pungkasnya.

Pantauan dilapangan, banyak peminat kendis yang dilelang, diantaran dari masyarakat sekitar yang datang langsung untuk melihat kondisi kendis yang dilelang. Selain itu, ada juga yang langsung datang menyaksikan prosesi lelang secara langsung di Pemkab BU, dimana terlihat salah satunya peserta yang mengikuti lelang dari kalangan pejabat Pemkab BU sendiri, yakni Asisten III Setdakab BU, yang memboyong unit kendis L300 dengan Nopol BD 7015 DY, dimana kendis tersebut lansiran tahun 2003. Sementara dua unit kendis Fortuner eks Bupati BU dan Ketua DPRD BU, berhasil diboyong oleh Sonny Waladi Putra dan Tria Nova dengan angka lelang tembus mencapai Rp. 119 Juta kendis eks Bupati dan Rp 112 Juta Kendis eks Ketua DPRD BU.

Laporan : T. Yanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial