Pasca Diresmikan Nanti, Meterologi Legal Bengkulu Utara Siap Terima Pengaduan Kecurangan Alat Ukur

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara, kedepan tidak perlu lagi cemas akan dugaan kecurangan yang terjadi menyangkut alat ukur. Pasalnya, Kabupaten BU telah memiliki UPTD Meterologi Legal, yang telah rampung di bangun tahun 2018 silam. Dengan adanya UPTD ini, jika terjadi kecurangan masyarakat dapat memastikannya dengan melapor.

Hal ini di tegaskan oleh Kepala Dinas Perdagangan BU Zulkarnaen, SH, MH yang membeberkan. UPTD ini akan diresmikan di Bandung pada 20 Februari 2019 mendatang, yang dilakukan langsung oleh Menteri Perdagangan yang bertepatan dengan hari hargonas (Hari Gerakan Oposisi nasional).

“Iya, UPTD Meterologi Legal kita sudah ada, dan siap menerima pengaduan masyarakat,” ujar Zul.

Zul pun memaparkan, fungsi dari Meterologi Legal ada di bengkulu Utara ini, berguna untuk mengontrol alat ukur/pengukuran, serta mengawasi dan memelihara agar semua fungsi alat ukur di Kabupaten Bengkulu Utara ini sesuai dengan ketentuan secara Nasional (standar Nasional). Ia pun memaparkan, lembaga pelayanan nasional metrologi legal, mempunyai tujuan untuk memastikan dan mengkonfirmasi. Bahwa, peralatan atau standar tertentu sepenuhnya memenuhi persyaratan dalam aturan tera, tera mencakup pemeriksaan dan pemberian segel.

“Semoga kalau sudah diresmikan nanti dan sudah berjalan normal, kita bisa wujudkan tertib dalam transaksi yang menggunakan alat ukur berupa timbangan pasar, SPBU, jembatan dan lainnya, sesuai dengan standar Nasional,” bebernya.

Sejauh ini sambung Zul, meskipun belum diresmikan, UPTD Meterologi Legal Bengkulu Utara sudah beroperasi. Meskipun alat dan mebelairnya masih terbatas sekali, serta sumber daya manusia yang belum mumpuni, maka UPTD belum berjalan sebagai mana fungsinya.

“Kita masih menunggu, peresmian agar bisa beroperasi secara penuh. Untuk tenaga ahli kita belum ada, maka dari itu kita akan merekrut tenaga ahli, dengan membuka formasi jurusan. Terkait pada waktu tes CPNS mendatang, untuk mengisi jabatan di UPTD,” demikian Zul.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *