Dinas Pariwisata Bengkulu Utara, Tahun 2019 Siapkan Program Inovasi Kawasan Wisata

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Memasuki Tahun 2019, Dinas Pariwisata Bengkulu Utara menggenjot program, inovasi pengembangan kawasan, yang berpotensi mengundang wisatawan, yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Hal ini diungkapkan, oleh Kepala Dinas Pariwisata BU Mustarani Abidin, kepada awak media.

Dikatakan Mustarani, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, melalui Dinas Pariwisata. Akan melakukan, upaya Inovasi Pengembangan Kawasan Wisata (IPKW), terhadap potensi-potensi wisata, yang ada di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Dimana, inovasi pengembangan kawasan wisata ini. Lebih memprioritaskan, kepada penambahan dan perbaikan infrastruktur, sarana dan prasarana di area wisata.

“Perbaikan infrastruktur sarana prasarana kawasan wisata ini, akan dilakukan di beberapa titik. Yakni, wisata air terjun Curug 9, di Kecamatan Padang Jaya. Dimana, akan ada 3 item pembangunan. Kemudian, wisata palak siring Desa Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, yang akan dibangun 1 buah menara pandang. Yang mana, menara pandang ini untuk akses para pengunjung, agar dapat melihat pemandangan dari atas, melihat keindahan-keindahan alam dari ketinggian,” terang Mustarani.

Mustarani pun menambahkan, ada juga beberapa item yang akan dibangun, di kawasan wisata Air Terjun Lemo Nakai, yang berada di Desa Batu Raja R, Kecamatan Hulu Palik. Diantaranya, yaitu pembuatan Pedestrian Road, tempat singgah, dan gerbang pintu masuk kawasan wisata. Saat ini, meskipun dengan keterbatasan anggaran yang ada. Pihaknya, akan tetap berusaha semaksimal mungkin, demi memajukan kawasan wisata yang ada di daerah Kabupaten Bengkulu Utara. Agar sektor kepariwisataan, yang ada di daerah ini bisa diperkenalkan hingga ke tingkat Nasional.

“Bengkulu Utara ini, potensi wisatanya sangat luar biasa. Tetapi, belum dapat di maksimalkan. Akan tetapi, kalau saja kita bisa gali ini dengan serius, akan bisa menarik pengunjung yang lebih banyak, dan menjadi Income bagi pemda BU,” imbuhnya.

Libatkan Stake Holder

Selain itu, pihaknya juga berharap untuk pengembangan wisata ini. Tentunya ada kerjasama, antara dinas-dinas terkait, yang juga mempunyai kepentingan terhadap kegiatan pengembangan pariwisata. Diantaranya, yaitu Dinas PUPR serta Dinas Perdagangan.

“Salah satu contoh di bawah Dinas Perdagangan, kita akan mengusulkan untuk menyediakan kuliner, oleh-oleh, dan makanan lainnya, dengan menyuguhkan khas-khas Bengkulu Utara,” tandasnya.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial