Oknum Jaksa Usir Wartawan, PWI Pastikan Ada Konsekwensi Hukum

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Tindakan yang dinilai tidak bermoral dan beretika oknum Jaksa bernama Juanda terhadap Jurnalis Bengkulu Utara dalam menjalan tugas dan fungsiprofesinya sebagai kontrol sosial, dipastikan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu Utara ada konsekwensi hukumnya. Hal ini ditegaskan oleh Ketua PWI Bengkulu Utara Drs. Warsiman.

“Selaku ketua PWI, saya sangat menyayangkan atas sikap arogan seorang pejabat di Kejari Bengkulu Utara, yang telah mengusir wartawan. Terlebih lagi, para wartawan yang ingin konfirmasi itu telah melalui etika dan tata cara dengan prosedur yang sudah ada. Kalau kita kaji, sebenarnya tindakan yang dilakukan oleh seorang jaksa itu dapat berkonsekwensi hukum sesuai dengan Undang Undang Pers,” ujar pria yang juga menjabat GM Radar Utara (RB Media Group) tersebut.

Kendati demikian, pihaknya akan tetap mengedepankan langkah persuasif terlebih dulu. Karena, dirinya berharap kejadian yang tidak layak dilakukan oleh seorang pejabat itu, tidak menjadi contoh bagi pihak lainnya.

“Sudah selayaknya kita sama-sama bekerja ini adalah dibawah garisan aturan undang-undang. Sehingga, kita bisa saling menghargai,” imbuhnya.

Apa yang dilakukan oknum jaksa itu, lebih jauh Warsiman memaparkan. Tentu, telah menghalang-halangi kerja pers dan melanggar UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pokok Pers dan UU Nomor 14 tahun tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Apalagi, laporan warga itu tentu erat kaitannya dengan masyarakat banyak. Dimana, peran wartawan merupakan sebagai kontrol sosial, sesuai dalam Undang-Undang tentang pers.

“Pokok permasalahannya aja belum ditanya, sementara tanggapan seorang Jaksa terhadap 5 orang wartawan tersebut malah tidak etis dilakukan oleh seorang pejabat,” kesalnya.

Untuk diketahui, aksi kurang terpuji oknum Jaksa bernama Juanda ini, terjadi di ruang tunggu kantor Kejaksaan Negeri Arga Makmur Selasa sore (9/7). Dimana, kelima jurnalis Bengkulu Utara diantaranya, Dwi RBTV, Dikkie BerandaBengkulu.com, Novan JD.com, Beni Garudacitizen.com dan Afrizal BE Cetak, diusir oleh oknum yang menjabat Kasubag BIn tersebut tanpa alasan yang jelas. Padahal, kelima jurnalis ini sudah melalui prosedur untuk bertemu dengan Kepala Kejari Arga Makmur Fatkhuri guna mengkonfirmasi terkait laporan masyarakat atas dugaan penyimpangan di desa Taba Kelintang.

Laporan : Dikkie
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Notice: Undefined index: sfsi_icons_Alignment_via_widget in /home/u2178858/public_html/berandabengkulu.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-icons/libs/sfsi_widget.php on line 121

Notice: Undefined index: sfsi_icons_Alignment_via_shortcode in /home/u2178858/public_html/berandabengkulu.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-icons/libs/sfsi_widget.php on line 122
Facebook
Facebook
Twitter
LinkedIn
Instagram
Telegram