Bursa Inovasi Desa Berikan Wawasan Pengembangan Pembangunan Desa

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Tim Pendamping Inovasi Desa (TPID), Kamis (8/8) mengadakan Bursa Inovasi Desa (BID) yang diselenggarakan oleh 4 Kecamatan. Yakni, Kecamatan Arga Makmur, Arma Jaya, Tanjung AGung Palik dan Air Besi. Dimana, kegiatan ini melibatkan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bengkulu Utara.

BID Cluster Vl ini terselenggara, atas ide guna memberikan wawasan kepada seluruh Kepala Desa se Kabupaten Bengkulu Utara, terlebih bagi desa-desa yang berada di wilayah 4 Kecamatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMD Ir. Budi Sampurno, mengatakan. BID, merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat, yang berkembang di desa-desa. Dimana, program ini juga sebagai salah satu cara pemerintah memberikan apresiasi, dan penghargaan terhadap inisiatif baik, yang dilakukan oleh masyarakat Bengkulu Utara.

“Kami memberikan apresiasi penuh bagi 4 TPID yang bersama-sama membangun desa, dengan menggelar kegiatan BID ini. Harapan kita, kegiatan ini dapat berjalan, dan membangun desa demi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Senada juga disampaikan, Bupati Bengkulu Utara dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten lll Setdakab Bengkulu Utara Ramadanus, yang mmeberikan apresiasi penuh kegiatan ini. Program ini diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan Dana Desa secara berkwalitas, melalui berbagai macam inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Program Inovasi Desa ini, sangat membantu pemerintah desa dalam meningkatkan pemanfaatan dana desa secara berkualitas. Melalui, berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa,” imbuhnya.

Oleh sebab itu sambungnya, pemerintah daerah menekankan kepada para peserta, khususnya kepala desa dan pendamping desa. Agar, bersungguh-sungguh mencermati berbagai kegiatan, yang ditampilkan dalam BID kali ini. Semoga saja kegiatan ini, direplikasi oleh desa sesuai dengan potensi, yang dimiliki masing-masing desa.

“Sehingga, nantinya akan menghasilkan inovasi, yang mampu membuat perubahan besar bagi desa. Sumber daya alam desa, akan semakin bersaing, infrastrukturnya menjadi lebih baik, dan secara tidak langsung menggerakan ekonomi desa. Serta, berimbas pada perubahan ekonomi Kabupaten Bengkulu Utara, secara keseluruhan,” tutupnya.

Laporan : Dikkie
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Notice: Undefined index: sfsi_icons_Alignment_via_widget in /home/u2178858/public_html/berandabengkulu.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-icons/libs/sfsi_widget.php on line 121

Notice: Undefined index: sfsi_icons_Alignment_via_shortcode in /home/u2178858/public_html/berandabengkulu.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-icons/libs/sfsi_widget.php on line 122
Facebook
Facebook
Twitter
LinkedIn
Instagram
Telegram