Dapat RTLH, Bengkulu Utara Tahun 2019 Kehilangan Program Kube

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), pada tahun ini tidak menerima lagi program dari Kementerian Sosial (Kemensos), yakni Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Namun, tetap mendapatkan program┬áprogram Rehabilitasi Sosial (RS) Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Hal ini disampaikan langsung, oleh Plt Kepala Dinsos BU Suwanto SH MAP, bahwa untuk tahun 2019 program tersebut, di Kabupaten BU tidak dapat, namun program tersebut diganti dengan program Rehabilitasi Sosial (RS) RTLH.

“Ya untuk tahun ini, kita tidak dapat Program KUBE tersebut. Lantaran, pihak kementerian pusat memberikannya bergilir, tahun ini program tersebut diperoleh Kabupaten lain, guna pemerataan,” kata Suwanto

Suwanto menjelaskan, meski program KUBE tersebut tidak dapat, namun pihaknya mengakui untuk tahun ini program tersebut diganti dengan program RS RTLH. Dimana konsep program bantuan RS RTLH, adalah memperbaiki kondisi rumah baik sebagian ataupun seluruhnya, yang dilakukan secara gotong royong di atas tanah, dengan legalitas kepemilikan yang sah.

Dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia, No.20 Tahun 2017 tentang RS RTLH disebutkan. Bahwa, fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian, dan/atau mempunyai sumber mata pencaharian, tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar, yang layak bagi kehidupan dirinya dan/keluarganya.

“Untuk tahun ini di Kabupaten BU, program ini dapat 80 unit RTLH yang tersebar di 6 Kecamatan Kabupaten BU,” ungkapnya.

Lebih lanjut Suwanto menyampaikan, bahwa untuk program ini masih dalam proses verifikasi ulang, yang dilakukan langsung oleh pihak Kemensos dan sudah melakukan cek langsung kelapangan.

“Untuk program ini, masih dalam proses verifikasi ulang oleh pihak Kemensos. Bila semuanya sudah clear dan sinkron, baru program ini dapat berjalan. Insha Allah, dalam waktu dekat ini program ini sudah mulai berjalan,” tandasnya.

Laporan : Dikkie

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial