DPPPA Bengkulu Utara, Sosialisasikan Kesetaraan Lelaki dan Perempuan

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Rabu (4/12) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Bengkulu Utara, lakukan evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG). Dimana, evaluasi yang berlangsung di Sawah Resto ini, langsung dilaksanakan oleh Kepala DPPPA BU Amra Juita selaku narasumber.

Dalam pemaparannya, PUG bukanlah program pemerintah, melainkan sebuah strategi pembangunan untuk tercapainya kesetaraan dan keadilan gender, melalui kebijakan yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan. Sejauh ini, PUG dinilai belum berjalan maksimal. Untuk itu, PUG ini harus dievaluasi dan di sosialisasikan terus, mengingat banyaknya kasus kekerasan terhadap perempuan yang tergolong maish tinggi. Dimana,, perempuan dan anak dinilai masih menjadi kelompok yang rentan akan kekerasan.

“Kami tekankan, PUG bukanlah suatu program atau kegiatan. Melainkan, suatu strategi pembangunan untuk mencapai suatu keadilan dan kesetaraan,” tegas Amra.

Ia pun menjelaskan lebih jauh, keberhasilan pembangunan dalam menjalani proses histori kehidupan, smeua memiliki tingkatan yang sangat bergantung pada peran serta kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, yang merupakan sebagai pelaku dan pemanfaat. Pasalnya, ketidakseimbangan serta pemikiran terhadap peran serta satu elemen, akan berdampak pada ketimpangan dan ketidakadilan. Oleh karena itu, semua program pemberdayaan harus memperhatikan dan jelas diorientasikan pada pencapaian dan optimalisasi peran yang setara antara laki-laki dan perempuan.

“Kesetaraan gender, antara perempuan dan laki-laki meskipun berbeda, tidak dibeda-bedakan dalam hal partisipasi, akses, kontrol dan memanfaatkan hasil pembangunan. Maka itu, PUG ini terus harus ditingkatkan agar dapat meningkatkan pembangunanan khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara,” demikian Amra.

Laporan : Aris
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
LinkedIn
Share
Instagram
Telegram