Pelantikan Dan Bimtek Panwascam se Kabupaten Bengkulu Utara Berjalan Hikmat

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkulu Utara, Senin (23/12), menggelar pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten BU, yang lolos seleksi untuk Pilkada Tahun 2020 mendatang. Hal ini diketahui, bertujuan untuk peningkatan kapasitas Panwascam. Pelantikan, berlangsung di Aula Universitas Ratu Samban, yang dihadiri oleh Bupati Ir. Mian, Ketua KPU Roges Mawansyah, dan Kapolres Serta Dandim 0423 Di Bengkulu Utara, selaku unsur pentinga menyambut persiapan Pilkada 2020 mendatang.

“Giat ini jugta bertujuan, untuk menyatukan persepsi kepada seluruh anggota Panwascam dan Kesekretariatan Panwascam. Kami harapkan, agar dalam melaksanakan tugasnya kedepan, Panwascam dapat sejalan dengan undang-undang yang berlaku. Beberapa materi pembekalan diberikan oleh beberapa narasumber untuk panwascam, dan kesekretariatan panwascam, dalam pelaksanaan tugasnya nanti,” ujar Ketua Bawaslu Bengkulu Utara Titin Sumarni

Bawaslu Bengkulu Utara

Titin pun menegaskan, tupoksi Panwascam, tidak jauh berbeda dengan tupoksi tahun sebelumnya. Hanya saja, yang membedakan pilpres dan pilkada. Untuk saat ini, kita berpartisipasi demi kemajuan daerah kita sendiri, tetapi untuk kesiapan dan tugas dan fungsi tetap jadi prioritas utama.

“Salah satu tahapan paling penting, dalam rangka fungsi pengawasan adalah mengenali pribadi diri sendiri, di tingkat kecamatan dan Kabupaten merupakan sebuah keluarga, yang harus dijaga kekompakan dan integritas. Kita punya karakter beda-beda, tapi tujuannya sama. Yakni, untuk menjalankan fungsi pengawasan dengan baik,” imbuhnya.

Setelah Bimtek di harapkan Panwascam segera mengawasi terlaksananya tahapan dengan baik, sesuai aturan yang berlaku, masa tugas Panwascam Pilkada 2020 ini, selama lebih kurang 10 bulan.

“Setelah ini, dihimbau Panwascam agar segera berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat, dan menyiapkan sekretariat, koordinasi dengan pihak Kecamatan, maupun perangkat masyarakat dilingkungan wilayah pengawasannya masing-masing,” demikian Titin.

Laporan : Aris
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
LinkedIn
Share
Instagram
Telegram