Dinsos Bakal Turun Cek Program Bantuan Tidak Tepat Sasaran

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Sejatinya, bantuan pemerintah itu dapat dinikmati oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan yang dinilai kurang mampu. Namun, belakangan banyak sekali penerima bantuan yang dinilai kurang tepat sasaran, dimana justru yang mendapatkan bantuan yang tidak layak, dan yang layak justru tidak menerima sama sekali. Seperti halnya, kejadian di beberapa desa di Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara. Untuk itu, Dinas Sosial bakal melakukan pengecekan langsung turun ke lapangan, dan menghimbau tegas kepada seluruh Kepala Desa, agar penerima bantuan sesuai dengan data BDT. Kemudian data BDT juga, pendataannya harus tepat sasaran. Hal ini ditegaskan, oleh Suwanto selaku Kepala Dinas Sosial BU, ditemui awak media diruang kerjanya.

“Saya akui, kami sudah kerap menerima laporan masyarakat dimana bantuan untuk fakir miskin kebanyakan kurang tepat sasaran. Untuk itu, kedepan kami akan melakukan pengecekan secara langsung, yang mana bantuan yang tidak tepat sasaran, akan kami pertanyakan pendataannya didesa,” ujar Suwanto.

Pihaknya juga tidak menampik, permasalahan program bantuan yang berkaitan dengan dinas sosial maupun dari OPD lain, yang kurang tepat sasaran cukup membuat masyarakat resah. Namun pihaknya berupaya, perlahan untuk dapat segera di tangani.

“Tahun 2020 ini, kami (Dinas Sosial,red) akan berupaya turun Langsung ke masyarakat, yang tujuannya untuk lebih mempercepat penanganan masalah kesejahteraan sosial,” jelasnya.

Sejauh ini, kesenjangan di masyarakat mengenai bantuan program dianggap permasalahan yang tiada hentinya, sehingga membuat tidak nyaman masyarakat. Karena itu, sebisa mungkin jika ditemukan kesenjangan, maka Dinsos akan segera secepatnya melakukan penanganan. Seperti diketahui bersama kalau untuk di desa, sebenarnya sudah ada tim yang memantau, tetapi kali ini pihaknya akan turun langsung.

“Bila ada temuan, yang berupa kesenjangan atau kekeliruan program bantuan sosial, segera lapor ke dinas Sosial, dari laporan itu Dinsos akan berusaha turun atau setidaknya bisa mengatasi hal tersebut. Yang jelas, ini adalah bagian dari kami untuk segera menuntaskan keluhan masyarakat akan program yang masih kurang tepat sasaran, yang masih merajalela di masyarakat. Secara bertahap akan kita selesaikan, akan tetapi kami juga membutuhkan dukungan dan kerja sama dari seluruh masyarakat, untuk membantu dalam hal ini,” imbuh Wanto

Kendati demikian, pihaknya tetap menghimbau akan kesadaran diri masyarakat dalam menindaklanjuti bantuan pemerintah ini. Karena, bantuan pemerintah ini memang ditujukan bagi masyarakat yang benar-benar tidak mampundan membutuhkan. Sehingga, jika ada masyarakat yang dinilai cukup mampu, agar dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat lain yang tidak mampu yang belum mendapatkannya.

“Kami harap, masyarakat dari diri sendiri agar introfeksi diri, apakah layak atau tidak dalam menerima bantuan tersebut. Untuk desa, terkhusus kepala desa, kami akan melakukan pengecekan data BDT, jika ditemukan adanya data BDT yang tidak tepat sasaran sesuai dengan kriteria yang sudha ditentukan, ini akan menjadi warning tersendiri yang akan kami tindaklanjuti,” demikian Wanto.

Laporan : Aris
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
LinkedIn
Share
Instagram
Telegram