Pemkab BU Gelar Sosialisasi Persiapan Pelaksanaan Pilkades Tahun 2019

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Selasa (30/4) menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2019. Giat ini sendiri, dilaksanakan di gedung Aula SMKN 2 Bengkulu Utara, yang dihadiri oleh Asisten II Setdakab BU, serta unsur Kepolisian, TNI, Camat serta unsur perangkat desa yang akan melaksanakan Pilkades.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setdakab BU Sudarman dalam sambutannya menyampaikan. Ia selaku Ketua panitia pelaksanaan Pilkades mendatang, mengingatkan bahwa sosialisasi ini merupakan tahapan awal terkait tahapan dan ketentuan teknis Pilkades Gelombang III Tahun 2019.

“Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini, Pilkades dapat terselenggara dengan lancar, aman dan kondusif,” ujar Sudarman.

Ia pun membeberkan, bahwa Pilkades tahun 2019 ini meliputi 13 Desa dari 10 kecamatan, yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk keterlibatan kepanitiaan sendiri sambung Sudarman, akan melibatkan 10 Camat dan Kepala Seksi Pemerintahan, yang masuk sebagai penyelenggara Pilkades, serta melibatkan beberapa unsur dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Bengkulu Utara.

“Pilkades ini nantinya akan langsung ditangani oleh Pemerintah Daerah (Pemda) ini guna menghindari adanya hal hal yang berbau negatif. Ini dilakukan, lantaran belajar dari pengalaman atas penyelenggaraan Pilkades gelombang I dan II,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten I Setdakab BU, Edi Subroto ikut menambahkan, yang disampaikannya dalam sambutannya. Ia menghimbau, agar 13 desa yang akan melaksanakan Pilkades, dapat membentuk panitia di tingkat desa (PPKD). Sementara untuk panitia di tingkat Kecamatan dan Kabupaten, diharapkan dapat segera direalisasikan.

“Setiap masyarakat, yang ingin mencalonkan diri sebagai Kepala Desa. Harus, memenuhi semua unsur persyaratan, dan memahami teknis pelaksanaan Pilkades,” tutupnya.

Laporan : Dikkie
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *