Bappeda Susun Rancangan Teknokratik RPJMD BU Tahun 2021-2026

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), mengelar acara Focus Group Discussion (FGD)  Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2021-2026. FGD berjalan lancar yang digelar di Aula SD Model Arga Makmur, Rabu, (18/20)

Penyusunan rancangan teknokreatik RPJMD ini mengacu pada peraturan menteri dalam negeri republik Indonesia nomor 86 tahun 2017 tentang cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembagunan daerah, tatacara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rancangan pembagunan jangka panjang, jangka menengah dan rancangan kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara.

“Rancangan dokumen perencanaan 5 tahunan yang disiapkan oleh pemerintah daerah dengan menggunakan pendekatan teknokratik sebelum terpilihnya kepala daerah dan wakil kepala daerah yang disajikan dengan sistematika” ungkap Pjs. Bupati Bengkulu Utara Dr H Iskandar ZO SH MH

Namun pada saat penyusunan RPJMD, nanti barulah dikombinasikan dengan pendekatan politis berdasarkan visi misi kepala daerah terpilih. Pelaksanaan Focus Grup discussion (FGD) ini melibatkan seluruh perangkat daerah dan pihak luar seperti organisasi kemasyarakatan. Oleh karena itu diharapkan dapat membuka kepada seluruh yang hadir memberikan saran dan masukan, sesuai dengan bidangnya masing-masing,” sambungnya

Periodisasi RPJMD tahun 2021-2026 merupakan periode terakhir RPJPD BU 2006-2026, sesuai dengan kalender perencanaan  upaya mengakselerasi target-target RPJPD yang perlu dioptimalkan pencapaiannya.

“Rancangan ini sangat penting dalam akselarasi pencampaian untuk kemajuan daerah karena rancangan dokumen ini murni menggunakan teknokratik. RPJMD ini nantinya akan di selaraskan antara RPJM provinsi dan nasional dan semua ini telah masuk dalam per undang-undangan yang berlaku,”ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam RPJMD ada beberapa yang harus di perhatikan, seperti isu pendidikan, kesehatan yang dimana hal ini menjadi penyajian dalam RPJMD seperti stunting dan Covid-19.

“Dimana masa pandemi ini belum pasti berakhirnya terkait covid-19, dan yang lainnya yang menjadi focus dalam hal ini, pada daerah kita yaitu Pembangunan, Permukiman dan Keamanan Sosial dan Masyarakat,”ujarnya.

Pjs Bupati BU dalam kegiatan tersebut menghimbau kepada peserta yang hadir untuk  tetap memperhatikan protokol kesehatan, juga dalam hal ini, Tim Satgas Covid 19 Kabupaten Bengkulu Utara melalukan pengawasan dalam kegiatan ini.

“Agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki ruang kegiatan,” tegasnya

Dalam kegiatan Focuss Grup Discussion (FGD) RPJMD BU  2021-2026 ini yang dibuka secara langsung oleh Pjs Bupati BU. Iskandar ZO, SH, M.Si, dilanjutkan sesi tanya jawab, serta meminta saran maupun pendapat kepada peserta yang hadir baik dari seluruh OPD Maupun Camat se-Kabupaten Bengkulu Utara, dipimpin langsung kepala dinas Bappeda Ir. Suharto Handayani.

Laporan : Aris Susanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *