DTPHP BU Berikan Pelayan Terpadu Kelompok Peternak di 2 Kecamatan

Spread the love
BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Dalam rangka untuk mendukung program Upaya Khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dalam hal ini melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Peternakan (DTPHP) BU telah melaksanakan pelayanan terpadu kesehatan hewan gratis dikelompok ternak di dua kecamatan di Kabupaten BU yakni Kecamatan Padang Jaya dan Kecamatan Girimulya. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala DTPHP BU Kuasa Barus saat ditemui diruang kerjanya, (2/9).
“Ya pada tanggal 28 dan 29 Agustus lalu, kita telah melakukan upaya pelayanan terpadu untuk program Upsus Siwab di 2 kecamatan, hal ini adalah salah satu program yang dicanangkan Kementerian Pertanian untuk mengakselerasi percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri. Program Siwab tersebut untuk mendukung program nasional dan pemerintah daerah dalam Upsus Siwab,” kata Kuasa Barus.
Kuasa Barus menyampaikan, bahwa Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan di kelompok ternak merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pihak Dinas Peternakan Provinsi  melalui UPT Pusat Kesehatan Hewan/Puskeswan di kelompok-kelompok ternak. Kegiatan ini merupakan kegiatan pelayanan oleh petugas terhadap kelompok ternak dalam pemantauan kesehatan hewan ternak yang dimilikinya. Pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan ternak secara menyeluruh (termasuk kesehatan reproduksi), pelayanan IB/inseminasi buatan, konsultasi peternakan dan lain sebagainya.
“Ya hal ini merupakan salah satu untuk meningkatkan populasi ternak, dan setiap tahun dilaksanakan, akan tetapi kita berharap kepada pemerintah pusat untuk dapat dilanjutkan sehingga nanti bisa tercapai swasembada daging sapi. Untuk program ini sudah berjalan selama tiga tahun dari 2017-2018 dan 2019 ini sudah memasuki tahun ketiga,” tandasnya.
Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *