Gelar Musrenbangdes 2023 dan Tetapkan RKP-Des 2022, Anggaran Masih Fokus Tangani Covid 19

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Rabu (15/12/2021) Pemerintah desa (Pemdes) Kertapati Kecamatan Air Besi Kabupaten Bengkulu Utara, gelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) 2023 dan sekaligus menetapkan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) untuk tahun anggaran 2022. Dalam giat yang dipimpin oleh Ketua BPD Kertapati Suwandi, di aula balai desa setempat ini. Ditetapkan, anggaran desa masih akan fokus tangani pandemi covid 19.

Dalam arahannya, Kades Kertapati Sudirman mengatakan. Pengelolaan anggaran Dana Desa di Pemdes Kertapati Tahun Angaran 2022, masih akan terfokus tangani Pandemi Covid 19. Diantaranya, 40 persen diperuntukkan bagi BLT, 20 persen dianggarkan untuk percepatan pemulihan ekonomi masyarakat. Sebanyak 8 persen, untuk penanggulangan Covid-19.

“Sebanyak 32 persen anggaran desa ini, akan dialokasikan untuk pembangunan desa berupa pembangunan fisik serta kebutuhan lainnya,” ujarnya.

Camat-Air-Besi-bersama-dengan-Kades-Kertapati
Camat-Air-Besi-bersama-dengan-Kades-Kertapati

Dikesempatan yang sama, Camat Air Besi, Novi Indra, S.Sos memberikan imbauan kepada segenap warga masyarakat, terutama bagi yang belum divaksin, agar segera mendaftarkan diri megikuti dan mensukseskan program pemerintah pusat tersebut. Mengingat, jika belum divaksin maka bagi keluarga penerima bantuan, namanya akan dicoret dari daftar penerima bantuan. Yang paling utama, perlu masyarakat ketahui vaksinasi ini wajib diikuti karena tidak memiliki dampak, justru berdampak positif dan gratis.

“Vaksin salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat kita keluar dari masalah pandemi Covid-19, agar segera bisa memulihkan permasalahan kehidupan masyarakat, selama masa pandemi ini. Maka itu, kami harapkan kerjasama masyarakat untuk mendukung program pemerintah ini,” imbuhnya.

Berikut Rincian Hasil Musyawarah

Terkait giat Murembangdes dan penetapan RKPDes ini, Ketua BPD Kertapati Suwandi menjelaskan. Dalam musyawarah tersebut disebutkan, sumber dana diperoleh dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN. Sedangkan RKP-Des tahun anggaran 2022, ditetapkan beberapa pos anggaran yang telah disesuaikan dengan ketersediaan dana dan skala prioritas. Baik untuk kegiatan fisik, maupun kegiatan non-fisik.

“Kami mencatat ada sejumlah usulan pada Musrenbang 2023, diantaranya pada Bidang Ekonomi yakni pengadaan pupuk, pada bidang Sarana Prasarana diusulkan pembangunan jalan hotmix. Yang mana, lokasinya di simpang tiga Kertapati sepanjang 5 kilometer. Sedangkan, pada bidang Sosial Budaya diusulkan untuk pengadaan ambulan dan pembangunan stadion mini. Sementara, dari RKPDes kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya pemangkasan tebing di Dusun 1 dan Dusun 3, dengan volume 600 meter serta 4 titik gorong-gorong. Kemudian, kita akan melaksanakan pembukaan badan jalan, pembangunan MCK, dan pembangunan Tugu Simpang Tiga, Desa Kertapati,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Musrenbangdes dan penetapan RKP-Des Kertapati juga dihadiri oleh Babinsa, Tokoh Agama, Karang Taruna, Ibu PKK, beserta sejumlah masyarakat Desa Kertapati.

Laporan : CW Star
Editor : Redaksi
Status : Advertorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *