Warga Keluhkan Susah Urus BPJS Kesehatan, Nanang : Kami Terapkan Pelayanan Terbatas

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Sejak mewabahnya virus corona, ditambah lagi banyaknya imbauan pemerintah berdampak pada pelayanan masyarakat terhadap BPJS Kesehatan. Hal ini terungkap, adanya keluhan masyarakat yang menyebutkan, saat ini mengurus BPJS Kesehatan terkesan ditolak dengan berbagai macam dalih. Kendati demikian, hal tersebut tidak ditampik pihak BPJS, lantaran adanya pembatasan penerapan pelayanan sesuai dengan himbauan pemerintah, untuk mengurangi interaksi dalam melakukan kegiatan apapun, sebagai antisipasi penyebaran virus korona.

Hal ini disampaikan langsung, oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang BU Nanang Jayadi, Selasa (14/3). Dimana hingga saat ini masyarakat masih banyak yang belum tahu, dengan program pelayanan terbatas ini.

“Bukan ditolak mas, namun terkait dengan adanya imbau dari pemerintah untuk mengurangi interaksi dalam melakukan kegiatan apapun sebagai antisipasi penyebaran virus korona. Akhir bulan Maret lalu, sudah kita terapkan pelayanan terbatas, ini sesuai dengan arahan manajemen BPJS Kesehatan pusat,” kata Nanang.

Nanang juga menambahkan, bahwa pelayanan terbatas ini diperuntukan untuk sejumlah pelayanan administrasi, yang biasanya dapat dilakukan di Kantor Cabang, dialihkan ke BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan aplikasi Mobile JKN. Seperti layanan pendaftaran peserta, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), serta penggantian kartu hilang, dialihkan melalui aplikasi Mobile JKN (berupa KIS digital). Begitu juga untuk Penambahan anggota keluarga PBPU dan BP, serta perubahan identitas peserta non Penerima Bantuan Iuran (PBI) serta perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) non peserta PBI, serta perubahan kelas rawat peserta PBPU dan BP, dapat dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 maupun aplikasi Mobile JKN.

“Baik dari pelayanan adminsitrasi, hingga layanan pendaftaran serta perubahan fasilitas kesehatan yang biasanya langsung ke kantor, saat ini dapat dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, maupun aplikasi Mobile JKN,” bebernya.

Lebih jauh Nanang menjelaskan, untuk penerapan mekanisme pelaksanaan pelayanan terbatas ini, batas waktunya belum bisa ditentukan. Namun yang jelas, mekanisme ini berakhir sampai dengan ada kebijakan lebih lanjut, terkait penanganan virus korona. Jadi, pihaknya juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat Bengkulu Utara, khususnya bagi peserta BPJS Kesehatan, untuk saat ini pelayanan BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, maupun aplikasi Mobile JKN.

“Kapan batas waktu penerapan kebijakan ini, kami belum tahu. Tapi yang pasti, kami senantiasa akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada calon peserta JKN-KIS, terkait hal ini,” pungkasnya.

Laporan : Aris

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *