BKAD Bengkulu Utara Ingatkan Desa Pencairan ADD

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Melihat dari laporan realisasi penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Bengkulu Utara (BU), BKAD Bengkulu Utara ingatkan soal pencairan DD dan ADD Triwulan Keempat periode Oktober-Desember 2022. Pada periode tersebut, diharapkan pemdes dapat segera mengusulkan agar dapat terserap dengan baik.

Disampaikan, Kepala BKAD BU, H Fitriansyah, S.STP, MM melalui Sekretaris, Masrup, SSTPi, MM, menjelaskan. Pihak meminta pihak Pemdes segera melengkapi persyaratan administratifnya, sehingga daerah bisa segera memproses dan menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Sejatinya jelas Masrup, pencairan DD dan ADD harus diawali dengan tertib administratif yang dalam kondisi ini, belum dilakukan oleh ratusan desa itu. Padahal, daerah sudah berkoordinasi ke jejaring satuan kerja milik daerah, untuk mendorong percepatan pengusulan berkas-berkas syarat pencairan.

“Prinsipnya, berkas lengkap maka akan diterbitkan SP2D. Apalagi, ADD ini langsung dari daerah, sehingga prosesnya relatif lebih cepat,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan lebih jauh, syarat administratif lengkap sendiri membuat satu desa di daerah ini, belum bisa mencairkan ADD Triwulan Ketiganya. Ia pun berharap, melihat rentang waktu anggaran yang terus berjalan menuju akhir, desa-desa yang belum menyampaikan usulan agar memprioritaskan perlengkapan administratifnya, agar bisa segera diproses oleh daerah.

“Waktu semakin sempit. Secara kumulatif, pusat sudah menyalurkan DD di BU. Banyak desa tengah berproses di sistem keuangan, sebelum nantinya daerah menerbitkan rekomendasi ke KPPN Bengkulu untuk mendapatkan SP2D,” demikian Masrup.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *