Dinas Perikanan, Fasilitasi eFishery Kenalkan Alat Pemberian Pakan Ikan Modern

Spread the love
BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Perkembangan zaman dan modernisasi tidak hanya berada di kalangan tertentu, namun juga merambah ke dunia mintapolitan dimana, saat ini sudah ada alat modern yang secara otomatis dapat memberikan pakan ikan dengan jadwal teratur. Seperti halnya, yang dimiliki oleh e-Fishery. Untuk itu, Minggu (2/2), Dinas Perikanan Bengkulu Utara fasilitasi perusahaan alat pemberian pakan ikan modern ini memperkenalkan kepada petani ikan kecanggihan alat ini. Diketahui, giat sosialisasi ini dilaksanakan di wilayah Minapolitan desa Kurotidur Kecamatan Arga Makmur Bengkulu Utara.
Dalam sambutanya, Kepala Dinas Perikanan Bengkulu Utara Markisman, S.Pi mengucapkan terimakasih kepada mitra eFishery auto fidher, yang merupakan mitra yang memperkenalkan alat modern di bidang pemberian pakan ikan yang berbasis aplikasi. Harapannya, petani ikan di Bengkulu Utara dapat menggunakan alat ini, guna meningkatkan produksi dan dapat lebih efisien dan efektif dalam pengunaan pakan dan biaya.
“Sejauh ini, kami masih sebatas sosialisasi untuk pengenalan alat ini, dalam pengunaanya kepada petani perikanan. Untuk pemesanan penyewaan alat eFishery ini, untuk sementara dapat menghubungi koprasi perikanan yang telah berkerja sama dengan mitra alat efishery tersebut,” ujar Markisman.
Menariknya alat modern ini, disambutnya sangat baik. Kendati demikian, pihaknya akan berupaya untuk mengusulkan tahun berikutnya agar adanya bantuan untuk petani ikan di Bengkulu Utara dapat menggunakan alat ini, menggunakan bantuan pemerintah.
“Untuk saat ini, kita belum ada anggaran untuk mengakomodir alat ini. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kedepan kami akan memikirkan pemberian bantuan kepada petani ikan, berupa alat modern ini,” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Koprasi Megi Sundawa Baoak Kusyayin, juga menambahkan dalam kesempatan yang sama. Adanya alat canggih ini merupakan terobosan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di pembudidaya perikanan air tawar. Karena dari SDM itulah, petani ikan bisa maju, dalam peningkatan produksi tidak ketinggalan dalam kemajuan teknologi. Harapannya, kedepan Dinas Perikanan Bengkulu Utara dapat berkontribusi dan bersinergi dalam peningkatan produksi perikanan di Bengkulu Utara.
“Sejauh yang kami tahu, dari penggunaan percobaan alat ini, sangat bagus. Dimana, alat ini dapat mendeteksi nafsu makan ikan, serta mencatat dan melaporkan performa pemberian pakannya, melalui internet yang berbasis aplikasi. e-Fishery akan meminimalisir kerugian peternak ikan, dari akibat pakan dan biaya perawatan,” singkatnya promosi.
Ia pun membeberkan, kelebihan dari alat canggih ini, diantaranya. eFishery ini terdiri dari sebuah alat, untuk menampung pakan ikan, yang nantinya bisa dikontrol secara langsung dengan menggunakan gadget. eFishery didesain sesuai kebutuhan sang pemilik pembudidaya petani ikan, apakah dirinya menginginkan eFishery dengan kapasitas pakan yang besar, atau yang kecil. Dengan dilengkapi sensor pendeteksi nafsu makan pada ikan, penggunaan eFishery ini memungkinkan kita melakukan monitoring dan menentukan kapan waktu-waktu yang tepat, dalam memberi pakan.
“eFishery telah dilengkapi teknologi mobile device, dimana alat ini dapat dikontrol menggunakan gadget. Dengan menggunakan eFishery, Anda cukup hanya memilih jenis ikan, menentukan berapa jumlah ikan, dan menentukan berapa kali memberi pakan ikan dengan menggunakan gadget Anda. Untuk di Bengkulu Utara sendiri, masih tersedia 105 unit saja yang mengunakan alat ini, tanpa harus ke lahan perikanan kita sudah bisa memberi pakan secara otomatis dari gadged. Tidak usah khawatir atas kerusakanya, sistim kita untuk alat ini sebatas sewa, sehingga jika ada kerusakan maka pihak e-Fishery yang akan menanggungnya,” demikian Kusyayin.
Laporan : Aris
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *