Manfaat Adanya B2B E-commerce, Apa Saja?

BerandABengkulu.com, – B2B Ecommerce dilakukan oleh orang atau pihak yang saling berkepentingan dalam menjalankan bisnis, dimana keduanya saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan. Berikut ini beberapa manfaat dari adanya B2B E-commerce bagi pelaku usaha dan konsumen.

  1. Penjualan Global

Dengan adanya e-commerce dapat memungkinkan sebuah perusahaan atau pemilik usaha untuk dapat menjual produk yang mereka buat kepada konsumen yang lebih banyak. Seolah-olah tidak ada batas antar negara serta perusahaan dapat mencakup pasar yang lebih luas.

  1. Pengurangan Infrastruktur Perusahaan

Perusahaan atau pemilik usaha tidak perlu lagi membuka banyak cabang penjualan ataupun distribusi. Akan tetapi, banyak juga e-commerce yang tetap membuka gudang penyimpanan ataupun produksi di berbagai negara untuk mempermudah konsumen dalam shipping barang.

  1. Meningkatkan Keuntungan Bersih

Dengan adanya B2B e-commerce ini, pemilik usaha atau perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang relatif tinggi dalam menyediakan banyak toko atau gedung serta pegawai yang banyak. Hal ini akan dapat meningkatkan keuntungan yaitu dengan cara menurunkan biaya operasional perusahaan yang dapat meningkatkan keuntungan atau laba bersih.

  1. Pengurangan Harga Produk

Dengan adanya program B2B (Business to business) ini, harga barang dapat ditekan semurah mungkin dikarenakan akumulasi dari beberapa manfaat B2B ini, sehingga konsumen akan lebih tertarik membeli dan jangkauan juga semakin luas dari berbagai lapisan masyarakat.

  1. Belanja 24/7

Manfaat yang satu ini akan sangat membantu konsumen dalam melakukan pengecekan, perencanaan ataupun pembelian langsung atau pemesanan jasa maupun barang pada usaha tertentu. Berbeda dengan toko yang biasanya tutup pada jam malam, misalnya pada toko buku yang hanya terbuka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

Berbeda dengan toko buku online yang dapat buka untuk pengecekan dan pembelian 24 jam selama 7 hari atau non-stop. Perbedaan waktu karena lokasi wilayah yang berbeda tidak akan menjadi kendala dalam melakukan e-commerce.

  1. Menghemat Waktu

Tidak perlu lagi datang ke toko dalam membeli produk langsung, cukup membuka website atau aplikasi e-commerce, barang dapat langsung dipesan, dan barangnya akan dikirim ke alamat yang dituju.

  1. Barang/Jasa Semakin Murah

Selanjutnya, manfaat yang sangat dirasakan oleh konsumen adalah mendapatkan harga yang lebih murah, karena perusahaan dapat memotong biaya operasional sehingga mampu memberikan harga yang lebih murah. Juga jika dibandingkan dengan dengan membeli secara konvensional atau yang harus datang ke toko, pembeli harus mengalokasikan biaya transportasi, parkir.

Kemudian sebagian pembeli juga membeli sesuatu kadang disertai dengan membeli makanan atau minuman,   dan biasanya pembeli juga cenderung akan membeli barang-barang lain yang tidak direncanakan sebelumnya.

  1. Konsumen Mampu Membandingkan Lebih Akurat

Dengan adanya platform e-commerce pada umumnya berbasis online, dapat menjadikan konsumen mampu membandingkan banyak produk sekaligus, hanya tinggal klik. Berbeda halnya dengan toko biasa, Anda harus berjalan ke beberapa tempat sekaligus apalagi yang berbeda toko.

Dengan adanya platform B2B, Anda tinggal buka smartphone, kemudian cek berbagai harga barang di berbagai toko online, Anda juga dapat mencari harga yang murah tanpa harus berpindah tempat.

  1. Pembeli Lintas Batas

Manfaat yang terakhir adalah pembeli akan mampu membeli barang atau jasa dari luar negara tanpa harus ke luar negeri. Misalnya, pembeli ingin memesan produk sepatu yang super original dari USA tanpa harus ke Amerika.

Itulah 9 manfaat dari adanya B2B E-commerce atau disebut juga kerjasama antara B2B (Business to business) dengan platform toko online (e-commerce). Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *