Patut Diapresiasi, Dispendik Sukses Gelar Festival Pada Expo HUT Kota Arga Makmur

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Dari tahun demi tahun, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) patut diberikan apresiasi. Bagaimana tidak, menyemarakkan HUT Kota Arga Makmur seperti tahun 2018 dan tahun sebelumnya, Dispendik dipercaya untuk menggelar festival Seni dan Budaya Tari Tradisional, yang digelar di panggung utama Alun-alun Kota Arga Makmur.

Hal ini dilakukan, Dispendik memiliki tujuan guna melestarikan budaya khususnya yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, seperti seni tari tradisional agar budaya Bengkulu Utara dapat tetap terjaga dan lestari.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Margono, mengungkapkan. Kegiatan seperti ini begitu penting, mengingat untuk menjaga dan melestarikan budaya pada zaman yang serba modern ini sangat sulit terlebih lagi kegiatan ini diselenggarakan untuk menghargai budaya leluhur.

“Masyarakat diharapkan dukungannya, untuk menyaksikan kegiatan festival ini,” ujarnya.

Sedikitnya, ada 6 group tari yang mewakili 6 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara yang tampil memeriahkan HUT Kota Arga Makmur. Diantaranya, dari Kecamatan Hulu Palik, Kecamatan Tanjung Agung Palik, Kecamatan Enggano, Kecamatan Kerkap, Kecamatan Air Napal dan Kecamatan Air Besi. Sementara, untuk tari kreasi di ikuti oleh 13 peserta, dimana seluruhnya merupakan pelajar yang ada di Bengkulu Utara ini, dan menariknya semuanya tampil memukau menghibur pengunjung expo yang datang. Beberapa tarian yang ditampilkan, tari permainan anak-anak Bengkulu, Tari Serak Beniak, Tari Serindang Lenggang Begandai, Tari Pateak Papea Kidek Bubeak Baes, Tari Piring Tari Asli Suku Rejang, Tari Benenet, dan Tari Putri Songgo Langit.

“Sesuai arahan pak Bupati Bengkulu Utara Ir. H Mi’an, Dispendik harus punya inovasi dan kreasi dan selalu dapat mengembangkan serta mengingatkan para penerus bangsa khususnya yang ada di BU ini untuk selalu mengingat budaya leluhur dan melestarikannya. Pada momen inilah kita berkesempatan menampilkan bakat dan seni para pelajar di BU ini,” imbuhnya.

Baca : http://berandabengkulu.com/2018/02/12/soal-asn-rangkap-pekerjaan-kadispendik-bu-disinyalir-pembiaran/

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *