Suksesnya Replanting Bengkulu Utara, Dilirik Daerah Lain

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Program peremajaan kelapa sawit atau Replanting merupakan program yang digagas oleh pemerintah daerah Kabupaten BU, sejak tahun 2018 yang lalu. Program replanting ini, terbilang sukses. Pasalnya, suksesnya replanting Bengkulu Utara ini dilirik daerah lain. Hal ini terlihat, beberapa daerah yang ada di Provinsi Bengkulu ini, yang sudah melakukan studi banding ke Kabupaten BU, guna mempelajari tentang bagaimana cara kerja program replanting, yang sebenarnya.

Disampaikan, Plt Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten BU, Sasman melalui Kepala Bidang Pengembangan Dinas Perkebunan Tatang Suryadie. H. SP. M.Si menjelaskan. Program replanting di Kabupaten BU, sejauh ini tidak ada kendala. Baik proses pembibitan, penyediaan lahan, bahkan sampai ke proses penanaman. Hal inilah, yang membuat daerah lain di Provinsi Bengkulu menjadikan program replanting BU sebagai contoh.

“Sudah ada beberapa daerah yang melakukan studi banding seperti Kabupaten Seluma dan Benteng,” jelas Tatang.

Sejauh ini, posisinya saat ini Kabupaten BU tidak hanya menggagas program replanting kelapa sawit saja, akan tetapi saat ini sudah ada juga program replanting perkebunan karet. Akan tetapi, belum sepenuhnya berjalan sebab pihaknya masih menunggu konfirmasi lanjutan, dari pihak penyedia bibit. Ia pun menghimbau, agar para petani atau masyarakat segera berkoordinasi dengan pihak dinas Perkebunan BU, ketika ada sesuatu hal yang perlu di komunikasikan ataupun permasalahan terkait Replanting ini. Ini, agar dapat di mediasi ataupun dicarikan solusinya.

“Soal itu, silahkan datang kesini (Dinas Perkebunan,red), akan kita bahas bersama-sama. Biar jelas, jangan sampai ada dusta diantara kita. Terlebih lagi, ini menyangkut adanya indikasi permainan didalam internal poktan itu sendiri. Nanti akan kita mediasi, dan dicarikan solusinya seperti apa,” demikian Tatang.

Laporan : Dikkie
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *