UPT Meterologi Legal BU Telah Diresmikan

BerandABengkulu.com, BENGKULU UTARA – Kantor UPT Metrologi Legal Kabupaten Bengkulu Utara, telah diresmikan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Drs Enggartiasto Lukita, yang dilakukan penandatanganan prasasti di Lapangan Gasibu Bandung Provinsi Jawa Barat (20/3).

Diketahui, peresmian UPTD Metrologi Legal ini dilakukan serentak bersama dengan 251 Kabupaten/Kota di Indonesia. Yang bertepatan, dengan puncak peringatan Hari Konsumen Nasional tahun 2019.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Perdagangan Bengkulu Utara Zulkarnain, MH, yang menghadiri langsung peresmian tersebut. Dibeberkannya, telah diresmikannya UPT Metrologi ini berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat Bengkulu Utara, untuk dapat di fungsikan sesuai dengan peruntukkannya.

“Iya, UPT kita sudah diresmikan beberapa waktu lalu, dan saat ini sudah dapat difungsikan dan sah,” ujarnya.

Ia pun membeberkan, bahwa barang yang dibeli sesuai dengan berat atau kapasitas, yang tertera pada barang dan tidak ada pengurangan takaran. Oleh sebab itu, layanan mengenai tera ulang di metrologi legal Bengkulu Utara akan terus ditingkatkan.

“Jadi semuanya baru se-Indonesia, tidak mudah untuk melaksanakan itu. Awalnya, kita akan mengisi personil untuk melakukan Tera,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya telah mengirim satu orang untuk mengikuti pendidikan di Mega Mendung Bandung. Guna, mendapatkan sertifikat untuk menduduki jabatan sebagai kepala UPTD Metrologi Legal tersebut.

“Kalau sudah ada sertifikat itu, mudah-mudahan uji timbangan/alat ukur/tera bisa dilakukan sesuai dengan ketentuannya. Kalau tidak ada sertifikat itu tidak bisa, ini keluhan se-Indonesia karena kekurangan SDM,” jelasnya.

Laporan : Dikkie
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *